Altech.co.id – Aplikasi Keluarga Sehat merupakan inovasi Kementerian Kesehatan dalam mendukung program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Aplikasi ini sebelumnya bernama aplikasi Prokesga (Program Kesehatan Keluarga), yang kemudian berganti nama dan memperbarui beberapa fitur.
Keunggulan dari aplikasi ini adalah pendataan keluarga sehat secara digital tanpa harus pulang. Pengguna aplikasi ini adalah surveyor, operator Puskesmas, pengelola Puskesmas, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan negara dan Kementerian Kesehatan.
Apa Sih Aplikasi Keluarga Sehat Itu?
Aplikasi Keluarga Sehat merupakan aplikasi yang di gunakan oleh Kementerian Kesehatan untuk mendukung Program Pemerintah Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga atau PIS-PIK.
Aplikasi ini pertama kali di luncurkan pada tahun 2015 oleh Pusdatin (Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan) dengan nama Prokesga dengan tujuan untuk mempermudah proses pelayanan dan pendataan pasien oleh instansi kesehatan daerah.
Kemudian pada tahun 2016, aplikasi Prokesga berubah nama menjadi aplikasi Keluarga Sehat hingga sekarang. Aplikasi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh tanah air.
Aplikasi ini di buat untuk memudahkan tenaga kesehatan dalam pendataan seluruh keluarga di Indonesia, baik di daerah yang sudah memiliki fasilitas internet yang memadai maupun di daerah terpencil yang akses internetnya masih sulit.
Siapa Saja Pengguna Aplikasi Keluarga Sehat?
Pengurus Pusat: bertanggung jawab atas kelangsungan operasional Aplikasi Web Keluarga Sehat (KS) di tingkat pusat. Berhak mendapatkan akses penuh ke seluruh menu Aplikasi Web Keluarga Sehat (KS), termasuk data master.
Dinas Kesehatan Negara: bertanggung jawab atas kelanjutan pengoperasian aplikasi web Gesunde Familie (KS) di tingkat negara bagian. Izin untuk memiliki akses baca-saja ke menu aplikasi web Keluarga Sehat (KS).
Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota: Bertanggung jawab atas keberlangsungan operasional aplikasi web Keluarga Sehat (KS) di tingkat kabupaten/kota. Izin untuk memiliki akses baca-saja ke menu aplikasi web Keluarga Sehat (KS).
Kepala Puskesmas: Penanggung jawab pembagian beban kerja loket, pendistribusian akun login pelaku di tingkat Puskesmas dan tanggung jawab keseluruhan proses entry data Kuesioner Keluarga Sehat. Izin untuk memiliki akses baca-saja ke menu aplikasi web Keluarga Sehat (KS).
Pengurus Puskesmas: Bertanggung jawab mengelola sistem KS di tingkat Puskesmas. Aktor ini memiliki tugas dan wewenang untuk menciptakan (menciptakan) aktor pengguna lain di tingkat Puskesmas, yaitu kepala Puskesmas, aktor pengawas dan aktor pengumpul data/pencacah/pemantau. Aktor ini juga memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan (edit) terhadap input data yang dilakukan oleh pengumpul data/pencacah/survey.
Supervisor: bertanggung jawab untuk meninjau kinerja pencacah/ahli di lapangan. Setiap Puskesma dapat terdiri dari satu atau lebih Pelaku Pengawasan, hal ini akan di sesuaikan dengan kondisi cakupan wilayah Puskesmas yang di pimpin oleh Puskesmas dan jumlah penduduk di wilayah sasaran Puskesmas.
Pengumpul data/ Enumerator/Surveyor (keluarga wali): bertanggung jawab memasukkan data kuesioner KS ke lapangan.
Cara Mengakses Aplikasi Untuk Keluarga Sehat Semua Provinsi
Aplikasi ini di buat untuk memberikan kemudahan akses masyarakat terhadap informasi kesehatan pribadi, sedangkan bagi pemerintah aplikasi ini memberikan kemudahan akses informasi kesehatan masyarakat. Karena tujuan awal ini.
Ada dua platform yang dapat di gunakan untuk mengakses aplikasi ini, yaitu melalui situs resmi Keluarga Sehat dan aplikasi Keluarga Sehat yang di unduh dari Playstore.
» Melalui Situs Website
Cara pertama yang bisa Kalian coba untuk mengakses aplikasi Keluarga Sehat adalah melalui website di https://familysehat.kemkes.go.id/. Ada 3 modul utama dalam website Keluarga Sehat ini yaitu Modul Admin, Dashboard dan Kuesioner. Setiap dashboard memiliki peran dan fungsinya masing-masing, yaitu:
- Administrator
Halaman ini memungkinkan Kalian untuk mengelola berbagai menu akun Kalian. Selain itu, Kalian juga dapat mengetahui berbagai informasi mengenai data kesehatan pribadi, keluarga dan berbagai institusi kesehatan.
- Dasbor
Pada halaman dashboard, Kalian dapat melihat data hasil atau output berupa informasi berapa jumlah seluruh keluarga yang terkumpul. Kalian dapat melihat data ini berdasarkan wilayah. Halaman dasbor ini juga memungkinkan Kalian untuk menyajikan data informasi teragregasi yang di peroleh dari hasil perhitungan di lapangan.
- Kuesioner
Halaman kuesioner berisi daftar pertanyaan yang harus di isi sesuai dengan data kesehatan pengguna yang di masukkan sebagai database. Modul ini di gunakan untuk menggantikan proses pendataan manual sebelumnya. Hal ini memudahkan proses pelaksanaan survei kesehatan keluarga di masyarakat.
» Melalui Aplikasi Android
Cara lain untuk mengakses aplikasi ini adalah dengan mengunduh versi aplikasi melalui Playstore. Versi aplikasi lebih mudah di gunakan karena Kalian hanya perlu membuka aplikasi ini dari ponsel Kalian. Untuk aplikasi Keluarga Sehat versi terbaru 2020 ini terdapat dua modul utama yaitu Modul Dashboard dan Modul Kuesioner. Berikut rinciannya.
- Dasbor
Sama seperti versi situs web, halaman dasbor versi Android juga menampilkan data jumlah total keluarga yang di lacak berdasarkan wilayah. Namun pada versi Android, halaman dashboard di lengkapi dengan 12 indikator wilayah keluarga sehat (IKS) dan pendataan status, yang di lakukan secara bertahap oleh loket Puskesmas.
- Kuesioner
Modul kuisioner via mobile juga sama dengan modul kuisioner versi website namun bedanya kalian bisa mengisi kuisioner secara offline di aplikasi Android Keluarga Sehat ini. Jadi jika Kalian tidak memiliki jaringan internet.
Kalian tetap bisa memasukkan data survei kesehatan keluarga melalui aplikasi. Sehingga dapat di katakan aplikasi Keluarga Sehat versi Android adalah aplikasi offline. Jika Kalian kesulitan mengisi data survei melalui ponsel, Kalian juga bisa mendownload aplikasi ini untuk pc.
Cara Menggunakan Aplikasi Keluarga Sehat Android Terbaru
Menurut Pusdatin, untuk dapat mengimplementasikan penerapan pada aplikasi ini, ada beberapa langkah yang harus di siapkan, seperti:
» Manajer Aplikasi
Tahap pertama yang perlu di siapkan untuk mendukung implementasi aplikasi Keluarga Sehat di Indonesia adalah pembentukan organisasi pengelola aplikasi di masing-masing daerah.
Organisasi pengelola aplikasi yang di maksud terdiri dari pengawas, pengelola puskesmas dan pengelola puskesmas, serta tim asesor yang bertindak sebagai pengumpul data kesehatan keluarga di masyarakat. Tim survei terdiri dari maksimal 10 orang, dan jika karena satu dan lain hal di perlukan tim survei tambahan, maka kuota survei tambahan dapat di ajukan ke Pusdatin.
» Pengajuan Surat Lamaran
Saat ini, Dinas Kesehatan masing-masing kota atau kabupaten akan mengirimkan surat atau email ke alamat email Kementerian Kesehatan RI di familisehat@kemkes.go.id dengan daftar nama calon pengelola aplikasi Keluarga Sehat.
Data yang harus di cantumkan dalam surat tersebut antara lain nama, NIK, jabatan, nomor telepon, alamat email masing-masing pengelola aplikasi serta nama dan kode Puskesmas. Kemudian email yang masuk ke proses verifikasi. Jika lolos proses verifikasi, Pusdatin akan membuat akun berdasarkan data yang di kirimkan dan lolos proses verifikasi.
» Transfer Rekening ke Pemohon
Pada tahap terakhir, akun di kirim ke pemohon. Tahapan ini di lakukan setelah pengajuan data Pengelola Aplikasi di setujui dan akun berhasil di daftarkan oleh Pusdatin. Selain itu, akun di kirim ke pemohon oleh dinas kesehatan kabupaten dan kota dan di aktifkan oleh Puskesmas yang terdaftar
Cara Download Aplikasi Keluarga Sehat Kemenkes v2.7 Terbaru
Cara Download Aplikasi Keluarga Sehat Dengan Mudah. Selesaikan langkah-langkah berikut:
- Buka aplikasi Google Play Store
- Masukkan kata kunci “Keluarga Sehat 2.0”.
- Pilih aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0
- Klik Unduh atau Unduh.
- Setelah unduhan berhasil, masuk ke aplikasi dengan nama pengguna dan kata sandi yang benar
Fitur Andalah Aplikasi Keluarga Sehat Kemenkes
Lalu fitur apa saja yang tersedia pada aplikasi ini? Berikut rinciannya.
» Fungsi Untuk Tahun Aktif
Fitur pertama di aplikasi ini adalah fitur Tahun Aktif. Fungsi ini adalah fungsi khusus hanya untuk administrator pusat. Dalam peran ini, administrator pusat dapat menentukan waktu atau periode tahun aktif untuk proses pelaporan data survei. Artinya surveyor hanya dapat memasukkan data pada tahun aktif dan tidak dapat melaporkan data pada periode tahun tidak aktif.
» Kemampuan Transfer Ruang Kerja
Fungsi kedua adalah fungsi alih ruang kerja. Fungsi kedua ini sama dengan fungsi pertama, di gunakan khusus oleh administrator pusat. Dalam peran ini, administrator pusat dapat mentransfer data keluarga dari satu Puskesmas ke Puskesmas lain ketika keluarga berpindah tempat tinggal.
» Fitur Ruang Kerja
Jika peran pertama dan kedua adalah peran khusus untuk administrator pusat, maka peran ketiga adalah peran khusus untuk administrator Puskesmas. Fungsi wilayah kerja adalah fungsi yang berguna untuk memetakan wilayah kerja Puskesmas yang di ketahui dengan cara mendaftarkan wilayah kerja Puskesmas per desa atau per kelurahan dalam satu atau lebih kecamatan.
» Fungsi Rukun Warga
Fitur Rukun Tetangga merupakan fitur yang berguna untuk pendaftaran RT & RW sesuai wilayah kerjanya per desa atau per kelurahan. Jika ada wilayah yang tidak memiliki RT atau RW, Puskesmas di wilayah tersebut harus menginventarisasi wilayah dan melakukan penomoran secara mandiri. Komunitas ini adalah fitur khusus untuk admin PKM.
» Fitur Penargetan Wilayah
Fitur jangkauan target juga menjadi ciri khas admin Puskesmas. Dengan fitur ini memudahkan kita untuk menentukan berapa banyak tujuan atau target yang tercatat dalam suatu ruang kerja Puskesmas. Sasaran ini di dasarkan pada jumlah keluarga binaan di wilayah kerja Puskesmas per desa atau per Kelurahan.
» Fitur Target Surveyor
Fitur Sasaran Surveyor adalah fitur yang memungkinkan admin Puskesmas untuk menetapkan sasaran kinerja yang harus di penuhi oleh Surveyor. Tujuan ini di tetapkan untuk mempercepat proses pengumpulan data kesehatan keluarga di suatu daerah dan untuk meningkatkan rasa kepemilikan dan kepedulian peninjau terhadap data keluarga sasaran dan tanggung jawab mereka. Fitur ini khusus untuk admin Puskesmas saja.
» Kemampuan Pemantauan Area
Fitur selanjutnya adalah fitur pemantauan area. Fitur ini di gunakan untuk memantau capaian kinerja surveyor dan puskesmas dengan membandingkan angka yang di tetapkan sebagai tujuan kinerja sebelumnya dengan angka realisasi data keluarga.
» Fungsi Puskesmas IKS
Sesuai dengan namanya, fitur Puskesmas IKS (Indeks Keluarga Sehat) adalah fitur yang berisi indeks keluarga sehat per wilayah yang di peroleh berdasarkan indikator keluarga sehat yang berlaku.
» Fungsi Crosstab
Fitur terakhir dari aplikasi ini adalah fitur tab silang. Fungsi tab silang berperan dalam analisis data. Analisis data di lakukan dengan menggunakan data mentah yang di unduh menggunakan akun aplikasi admin Puskesmas, yang kemudian di olah secara mandiri kemudian di unggah kembali.
Data mentah yang di unggah kembali dapat di gunakan untuk kustomisasi dalam bentuk analisis data tab silang yang dapat di sajikan dalam bentuk grafik, tabel, dan lainnya.
Penutup
Ini adalah ulasan lengkap tentang aplikasi Keluarga Sehat. Perlu Kalian ketahui bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi nasional yang pendataannya berbasis regional. Jadi hanya dengan 1 aplikasi sudah mewakili pendataan di seluruh wilayah Indonesia.
Baca juga artikel lainnya tentang: